Sabtu, 16 Februari 2013

LAPORAN PKL

LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
PERAWATAN DAN PERBAIKAN
KENDARAAN HYDRANT DISPENSER
OLEH
SEPTIAN HANJAYA
NIM : 1015E20008
POLITEKNIK-BLK DENPASAR
JURUSAN TEKNIK MESIN
2013
i
LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
OLEH
SEPTIAN HANJAYA
NIM : 1015E20008
Laporan praktek kerja lapangan ini telah diperiksa dan disetujui oleh
perusahaan tempat melaksanakan PKL dan dosen pembimbing untuk
memenuhi persyaratan mengambil tugas akhir dan kelulusan
Program Study Diploma III.
Jurusan Teknik Mesin Politeknik-BLK Denpasar.
Disetujui oleh :
Denpasar, 13 Februari 2013
Dosen Pembimbing Kepala DPPU Ngurah Rai
Ir. I Nyoman Gunung, M.Pd. H. Yusnik Adi Putro
NIP. 195905021989031002
Mengetahui,
Ketua Jurusan Teknik Mesin Koordinator PKL
Ir. A A Ngurah Made Narottama, MT I Nyoman Subaga, Spd
NIP. 196504081991031002 NIP. 195912311983031330
ii
KATA PENGANTAR
Puji Syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat
dan Karunia-NYA yang telah diberikan kepada saya sehingga pelaksanaan
Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan penulisan Laporan PKL tentang Perawatan
Dan Perbaikan Hydrant Dispenser yang berlangsung dari tanggal 12 Novenber
2012 hinggan 12 Februari 2013 ini dapat diselesaikan dengan baik dan lancar.
PKL merupakan suatu langkah awal bagi mahasiswa yang mempelajari
tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya agar kelak saat mahasiswa
telah lulus dari bangku perkuliahan sudah memiliki bekal untuk terjun secara
langsung ke dunia kerja yang penuh dengan kompetisi.
Dengan PKL mahasiswa dapat membandingkan segala ilmu yang telah
didapatkah di bangku perkuliahan dengan apa yang terjadi di dalam dunia kerja
secara nyata dan diharapkan mahasiswa mampu menyimpulkan apa yang telah
didapat dari pelaksanaan PKL ini.
Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesarbesarnya
kepada :
1. Bapak Drs. I Made Sarjana, selaku Ketua Program POLITEKNIK-BLK
DENPASAR.
2. Bapak I Nyoman Subaga,Spd selaku koordinator PKL Mahasiswa
POLITEKNIK-BLK DENPASAR.
3. Bapak Ir. I Nyoman Gunung, M.Pd. , sebagai pembimbing penulisan
laporan.
iii
4. Bapak H. Yusnik Adi Putro selaku Kepala DPPU Ngurah Rai-Bali.
5. Bapak Budi Santoso selaku Pengawas Utama Pemeliharaan DPPU Ngurah
Rai.
6. Bapak Ketut Astawa selaku Asisten Pengawas Pemeliharaan Bidang PP
sebagai Pengawas PKL.
7. Bapak Wisnu Fajar Baskoro selaku Asisten Pengawas Pemeliharaan
Bidang Pengisian sebagai Pembimbing PKL.
8. Bapak I Nyoman Ana selaku Pengawas Administrasi.
9. Rekan-rekan mekanik dan seluruh pihak yang telah membantu dalam
penulisan laporan ini.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Saya sadar bahwa dalam
penulisan laporan ini masih banyak kekurangan, maka dari itu saya harapkan
saran dan masukan yang membangun dari pembaca dan semoga laporan ini dapat
bermanfaat bagi pembaca. Atas segala perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Denpasar, 13 Februari 2013
Penulis,
SEPTIAN HANJAYA
NIM. 1015E20008
iv
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN…………………………………………………… i
KATA PENGANTAR………………………………………………………… ii
DAFTAR ISI………………………………………………………………….. iv
DAFTAR GAMBAR…………………………………………………………. vii
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………….. 1
1.1 Latar Belakang…………………………………………………………….. 1
1.2 Tujuan Laporan……………………………………………………………. 2
1.2.1 Tujuan Umum…………………………………………………... 2
1.2.2 Tujuan Khusus………………………………………………….. 2
1.3 Kegunaan Laporan………………………………………………………... 3
1.4 Pokok Permasalahan………………………………………………………. 4
1.5 Metode Observasi…………………………………………………………. 4
1.6 Teknik Analisis…………………………………………………………… 5
1.7 Sistematika Penulisan…………………………………………………….. 5
BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN……………………………. 7
2.1 Sejarah Berdirinya Perusahaan…………………………………………… 7
2.2 Sejarah PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai – Bali……………… 7
2.3 Visi dan Misi Pertamina Aviasi………………………………………….. 7
2.4 Lokasi dan Klasifikasi PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai…….. 8
2.5 Fasilitas DPPU Ngurah Rai…………………………………………….. 9
v
2.6 Struktur Organisasi DPPU Ngurah Rai…………………………………. 12
2.7 Tugas dan Tanggung jawab…………………………………………….. 15
BAB III LANDASAN TEORI……………………………………………... 18
3.1 Pengertian Kendaraan Hydrant Dispenser……………………………… 18
3.2 Komponen-komponen dari Hydrant Dispenser………………………… 19
3.2.1 Perangkat Pengisisan :……………………………………….. 19
3.2.2 Perangkat penunjang mekanis :……………………………… 20
3.2.3 Perangkat pengaman :………………………………………... 20
3.3 Fungsi Komponen-komponen pada Hydrant Dispenser……………….. 20
3.3.1 Perangkat Pengisisan :……………………………………….. 20
3.3.2 Perangkat penunjang mekanis :……………………………… 28
3.3.3 Perangkat pengaman :……………………………………….. 30
BAB IV PEMBAHASAN………………………………………………..... 34
4.1 Perawatan Kendaraan Hydrant Dispenser……………………………... 34
4.1.1 Perawatan Mingguan………………………………………... 36
4.1.2 Perawatan Bulanan………………………………………….. 36
4.1.3 Perwatan 6 Bulanan…………………………………………. 37
4.1.4 Perawatan Tahunan…………………………………………. 37
4.2 Perawatan dan Perbaikan Hydrant Dispenser………………………….. 37
4.2.1 Perawatan dan Perbaikan Kelistrikan……………………….. 37
vi
4.2.2 Perawatan dan Perbaikan Mesin……………………...…….. 49
4.2.3 Perawatan dan Perbaikan Komponen Pengisian BBMP......... 64
BAB V PENUTUP………………………………………………………… 71
5.1 Kesimpulan……………………………………………………….......... 71
5.2 Saran……………………………………………………………………. 74
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………...
LAMPIRAN………………………………………………………………..
vii
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 : Denah Perusahaan. .......................................................................... 9
Gambar 3.1 : Kendaraan hydrant dispenser. ....................................................... 19
Gambar 3.2: Input coupler. ................................................................................ 21
Gambar 3.3 Fuel filter monitor. .......................................................................... 21
Gambar 3.4 : Komponen fuel filter monitor........................................................ 22
Gambar 3.6 : Electronic meter register. .............................................................. 23
Gambar 3.7 : Hose reel. ..................................................................................... 24
Gambar 3.8 : Intake hose.................................................................................... 25
Gambar 3.9 : Fuelling deck platform. ................................................................. 25
Gambar 3.12 : Control panel. ............................................................................. 27
Gambar 3.13 : Perangkat hidrolik/mekanis pengangkat selang hisap (intake hose).
.......................................................................................................................... 28
Gambar 3.14 : Hidrolik atau Motor pemutar Hose reel. ...................................... 29
Gambar 3.15 : Hydarulic lifting deck (plat form)................................................ 30
Gambar 3.16 : Interlock for hydrant coupler. ...................................................... 31
Gambar 3.17 : Interlock for scissor platform. ..................................................... 31
Gambar 3.18 : Provision of static grounding cable. ............................................ 32
Gambar 3.20 : Electrical Dead man. ................................................................... 33
Gambar 4.1 : Bagian Baterai/accu. ..................................................................... 39
Gambar 4.2 : Memperbaiki Sambungan baterai. ................................................. 40
viii
Gambar 4.3: Mengukur arus baterai dengan AVO meter. ................................... 41
Gambar 4.4 : Penunjukan besar arus pada baterai dengan AVO meter. ............... 41
Gambar 4.5 : Diagram Sirkuit Alternator dan Nama Bagian Alternator. ............. 43
Gambar 4.6 : Komponen Utama Alternator. ....................................................... 44
Gambar 4.7 : Papan sekering. ............................................................................. 46
Gambar 4.8 : Lampu Depan ............................................................................... 47
Gambar 4.9 : Sirkuit Lampu Rem....................................................................... 47
Gambar 4.10 : Membuka mika tutup lampu ....................................................... 48
Gambar 4.11 : Memeriksa lampu ....................................................................... 48
Gambar 4.12 : Menguji Kabel Lampu. ............................................................... 49
Gambar 4.11 : Membuka baut penyumbat bak pelumas. ..................................... 51
Gambar 4.12 : Menuangkan pelumas ke mesin. .................................................. 51
Gambar 4.3 : Memasang baut penyumbat bak pelumas. ..................................... 52
Gambar 4.14 : Bagian – bagian Saringan Pelumas.............................................. 54
Gambar 4.15 : Saringan Pelumas........................................................................ 55
Gambar 4.16 : Saringan pelumas kendaraan Hydrant dispenser. ......................... 55
Gambar 4.17 : Saringan Bahan Bakar 1. ............................................................. 57
Gambar 4.18 : Saringan Bahan Bakar 2 .............................................................. 57
Gambar 4.19 : Kunci sabuk/belt wrench. ............................................................ 58
Gambar 4.20 : Membuka Pengunci Rumah Saringan Udara. .............................. 59
Gambar 4.21 : Saringan Udara. .......................................................................... 60
Gambar 4.23 : Minyak Rem. .............................................................................. 61
Gambar 4.24 : Minyak Power Steering. .............................................................. 61
ix
Gambar 4.25 : Radiator. ..................................................................................... 62
Gambar 4.26 : Rumah/bak pelumas Gardan. ...................................................... 62
Gambar 4.27 : Rumah/bak pelumas Transmisi. .................................................. 63
Gambar 4.28 : V-belt. ........................................................................................ 63
Gambar 4.29 : Pemasangan Bounding Cable dan Input Coupler. ........................ 66
Gambar 4.30 : Pemasangan Outlet Coupler. ....................................................... 66
Gambar 4.31 : Pemeriksaan Fungsi Meter Register. ........................................... 67
Gambar 4.32 : Pemeriksaan Komponen pada Control Panel. .............................. 67
Gambar 4.33 : Fuel Pressure Gauge dan Air Supply Pressure Gauge dalam
keadaan baik dan normal. ................................................................................... 68
Gambar 4.34 : Inlet Pressure Gauge dan Primary Air Pressure Gauge dalam
keadaan baik dan normal. ................................................................................... 68
Gambar 4.35 : Hose Reel Pressure Gauge dan Deck Hose Pressure Gauge dalam
keadaan baik dan normal. ................................................................................... 69
Gambar 4.36 : Thermal Expansion Pressure Gauge dan Secondary Air Pressure
Gauge dalam keadaan baik dan normal. ............................................................. 69
Gambar 4.37 : Pemeriksaan Fungsi Pressure Different Gauge (PDG). ................ 70
Gambar 4.38 : Pressure Different Gauge dalam keadaan baik dan normal. ......... 70
1
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang.
Dewasa ini perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi di Indonesia
berkembang dengan pesatnya, sesuai kebutuhan pada era globalisasi dan
pemakaian alat transportasi merupakan peralatan yang sangat vital untuk dipakai
di berbagai bidang, sehingga dari hari ke hari kebutuhan kendaran alat transportasi
semakin meningkat seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi
transportasi
Sementara itu pengetahuan dan pemahaman tentang teknologi tidaklah
cukup dengan menyerapnya melalui lembaga-lembaga pendidikan, melainkan
dibutuhkannya tindak lanjut berupa observasi, pelatihan, pengumpulan data,
pengembangan data secara langsung dengan berbagai cara yang salah satunya
ialah dengan PKL.
PKL atau Praktek Kerja Lapangan merupakan tindakan berupa aplikasi dari
keseluruhan teori dan materi yang telah di dapatkan dari sistem pendidikan dan
pelatihan baik dari lembaga formal maupun non formal yang dilakukan secara
langsung terjun ke lingkungan masyarakat umum. PKL pada umumnya dilakukan
oleh mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengetahuan di bidang tertentu
serta guna melengkapi tugas akhir yang di berikan lembaga kepada mahasiswa
tersebut.
2
Maka dari itu kita sebagai mahasiswa yang dituntut untuk dapat
meningkatkan segala kemampuan dan keterampilan sehingga mampu bergelut
dengan perkembangan jaman dan teknologi khususnya di bidang transfortasi dan
penunjangnya. Karena perkembangan teknologi bagaikan arus kencang yang tak
dapat dilawan apalagi dihentikan. Maka manusialah yang harus mampu
mengimbangi arus tersebut sehingga kita tidak akan hanyut dan tertinggal oleh
perkembangan teknologi yang semakin pesat.
1.2 Tujuan Laporan.
Setiap pembuatan laporan memiliki tujuan tersendiri. Adapun beberapa
Tujuan dari pembuatan laporan PKL ini, yaitu:
1.2.1 Tujuan Umum.
a. Sebagai syarat yang harus dipenuhi sebelum menyusun Tugas Akhir Untuk
dapat menyelesaikan program pendidikan Diploma tiga (3) khususnya jurusan
teknik mesin, Politeknik-BLK Denpasar.
b. Untuk melatih dan meningkatkan wawasan pengetahuan serta mampu
membiasakan diri dalam memecahkan permasalahan yang dapat muncul di
masyarakat.
c. Untuk mengaplikasikan dan mengkaji ulang segala teori ilmu pengetahuan
yang diperoleh dari lembaga pendidikan atau bangku perkuliahan dan
menerapkannya di lapangan.
1.2.2 Tujuan Khusus.
3
a. Untuk dapat mengetahui pengertian dan sistem kerja kendaraan Hydrant
Dispenser di PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai.
b. Untuk dapat mengetahui permasalah yang sering timbul pada kendaraan
Hydrant Dispenser di PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai.
c. Untuk dapat mengetahui cara perawatan dan perbaikan pada kendaraan
Hydrant Dispenser di PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai.
d. Untuk dapat mengetahui perawatan berkala apa saja yang perlu dilakukan
pada kendaraan Hydrant Dispenser di PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah
Rai.
1.3 Kegunaan Laporan.
a. Bagi Mahasiswa
1) Sebagai bahan pembanding dari teori yang di dapat di bangku kuliah dengan
kenyataan yang terjadi di lapangan.
2) Untuk menambah wawasan pengetahuan bagi mahasiswa di bidang ilmu
teknik khususnya.
3) Sebagai pedoman saat melakukan pekerjaan yg berhubungan dengan isi
laporan.
b. Bagi Lembaga
1) Untuk menambah perbendaharaan penelitian sehingga dapat digunakan
sebagai pedoman dalam penelitian selanjutnya.
2) Sebagai arsip dari hasil laporan penelitian mahasiswa.
c. Bagi Perusahaan
1) Sebagai masukan atas keganjilan-keganjilan yang terdapat dalam perusahaan.
4
2) Sebagai penyelesaian dari permasalahan yang sering dihadapi oleh
perusahaan.
1.4 Pokok Permasalahan.
Dari sekian banyak permasalahan yang ditemui, maka agar dapat
menganalisa dan pembahasan yang lebih mendalam, dilakukan pembatasan
masalah menjadi beberapa pokok masalah yang ada.
Adapun pokok permasalahan yang diangkat, dari banyaknya
permasalahan yang ada, namun di titik beratkan pada kendaraan Hydrant
Dispenser di PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai, yang diantaranya,yaitu:
1) Bagaimanakah sistem kerja kendaraan Hydrant Dispenser di PT. Pertamina
(Persero) DPPU Ngurah Rai?
2) Permasalah apa saja yang sering timbul pada kendaraan Hydrant Dispenser di
PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai.
3) Bagaimana cara perawatan dan perbaikan pada kendaraan Hydrant Dispenser
di PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai?
4) Perawatan berkala apa sajakah yang perlu dilakukan pada kendaraan Hydrant
Dispenser di PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai?
1.5 Metode Observasi.
Adapun metode observasi yang digunakan dalam penyusunan laporan ini.
1. Objek observasi : Kendaraan Hydrant Dispenser.
2. Tempat Penelitian : PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai – Bali.
3. Jenis Data : Data primer dan data sekunder.
5
Metode Pengumpulan Data
1. Observasi : Melakukan pengamatan secara langsung di lapangan.
2. Wawancara : Melakukan Tanya jawab dengan para ahli atau insinyur mesin
dan para mekanik.
3. Literatur : Mengumpulkan data dari buku dan bacaan lainnya yang berkaitan.
1.6 Teknik Analisis.
Dalam penyusunan laporan ini, saya melakukan teknik analisis berupa:
1. Analisis Kualitatif : Analisis berupa uraia-uraian,kalimat-kalimat,atau
redaksional.
2. Analisis Kuantitatif : Analisis berupa angka-angka yang dapat diukur dalam
satuan tertentu.Rumus-rumus,perhitungan dalam tabel, atau grafik.
1.7 Sistematika Penulisan.
Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini mengacu kepada ketentuan
yang telah ditentukan oleh Jurusan Teknik Mesin Politeknik – BLK Denpasar.
Adapun sistematika penulisan pada Laporan Praktek Kerja Lapangan ini
adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini akan dijelaskan secara singkat tentang latar belakang, tujuan,
dan kegunaan Praktek Kerja Lapangan, serta uraian tentang pokok masalah,
metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
6
Pada bab ini akan dijelaskan secara singkat tentang sejarah berdirinya
perusahaan, struktur organisasi, visi dan misi, serta hal – hal yang dianggap perlu.
BAB III LANDASAN TEORI
Pada bab ini dijelaskan teori – teori tentang kendaraan hydrant dispencer
pengisi BBMP serta komponen – komponennya.
BAB IV PEMBAHASAN
Pada bab ini diuraikan dan dibahas secara lebih rinci tentang sistem pada
kendaraan, perawatan dan perbaikan kendaraan hydrant dispencer.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini akan disimpulkan mengenai masalah yang dibahas serta saran
– saran yang akan disampaikan kepada pihak perusahaan.
7
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Sejarah Berdirinya Perusahaan.
Melihat semakin pesatnya alat transportasi dan khususnya transportasi
udara,serta kurangnya penyedia pelayanan pendukung penerbangan yang bergerak
dalam penyediaan bahan bakar minyak penerbangan di wilayah Bali. PT.
Pertamina (Persero) berinisiatif mendirikan sebuah cabang anak perusahaan yang
bergerak dalam jasa pelayanan penyedia bahan bakar minyak penerbangan.
2.2 Sejarah PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai – Bali.
Maka pada tahun 1970 didirikanlah sebuah perusahan yang bernama PT.
Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai,yang diresmikan oleh Dirjen Perhubungan
pada saat itu dengan luas area 39 hektar.
2.3 Visi dan Misi Pertamina Aviasi.
Adapun Visi dan Misi yang dimiliki oleh Pertamina Aviasi ialah :
Visi : Menjadi Pemasar dan Penyedia Layanan Bahan Bakar Penerbangan
Kelas Dunia dengan Jaringan Global.
Misi :
- Melakukan usaha di bidang pemasaran produk dan layanan Bahan Bakar
Penerbangan di pasar Domestik, Regional, dan Internasional dengan tujuan
untuk menghasilkan nilai tambah bagi Stakeholders.
8
- Mengutamakan pemenuhan persyaratan pelanggan, kualitas produk,
keselamatan, lingkungan, dan Standar operasi Internasional dalam
pengelolaan usaha.
- Mengelola usaha dengan dukungan Sumber Daya Manusia profesional
berdasarkan tata nilai unggulan, setara dengan Best Practices yang diakui
dalam Industri Aviasi Internasional.
2.4 Lokasi dan Klasifikasi PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai.
PT. Pertamina (Persero) DPPU Ngurah Rai terletak di jalan H. Juanda
Komplek Bandara Internasional Ngurah Rai.
Perusahaan ini bergerak di bidang Penyediaan Bahan Bakar Minyak Penerbangan
(Aviasi).
9
Gambar 2.1 : Denah Perusahaan.
Sumber : Data SarFas LK3 DPPU Ngurah Rai.
2.5 Fasilitas DPPU Ngurah Rai.
A. Penerimaan :
A.1 Circlon filter merupakan saringan dengan sistem operasi turbulensi,
tekanan minimal 7 bar.
10
A.2 Strainer : S 101 (A,B) 100 MES.
A.3 Micro filter : S 102 (A,B) tingkat penyaringan paling kecil 5 mikron,
benda padat lebih kecil dari 5 mikron atas terlewatkan.
A.4 Filter water separator: S 103 (A,B).
B. Penimbunan :
B.1 Tangki : a. kapasitas 2100 kL (T201,T202,T203)
b.kapasitas 4500 kL (T251,T252,T253)
Tangki penimbunan dilengkapi dengan :
B.1.1 Ploting secson (Penghisapan pada bagian atas cairan).
B.1.2 Main hole, merupakan lubang masuk saat pelaksanaan maintenance
tangki.
B.1.3 Automatic tank gauging, merupakan alat ukur otomatis
untuk mengetahui tinggi cairan dalam tangki.
B.1.4 Slot dipping device, merupakan tempat pelaksanaan dipping
manual/mengukur tinggi cairan dalam tangki.
B.1.5 Breather valve, merupakan katup pernapasan tangki agar tidak
berbah bentuk ketika sedang pengisian tangki atau penyaluran dari tangki.
B.1.6 Safety valve, merupakan alat untuk membuang tekanan lebih cairan
saat penyaluran.
11
B.2 Pengamanan tangki :
B.2.1 Water springgle, merupakan spray untuk pendinginan tangki.
B.2.2 Foam chamber, merupakan nozel penyemprotan foam.
C. Penyaluran/Penyerahan :
C.1 Hydrant system, merupakan penyaluran dengan pipe line menggunakan
pompa.
C.1.1 Pompa : 6 Pompa sentrifugal merk Worthington kapasitas 150 m³/jam
(2500 Liter/menit),daya motor 110kW.
C.1.2 Sumur hidran : 26 buah sumur hidran (hydrant pit valve)
C.2 Refueller : 5 unit ; 3 unit kapasitas 40 kL,2 unit kapasitas 25 kL.
C.3 Dispenser : 11 unit ; 10 unit kapasitas 4000 Gpm,1 unit kapasitas 2000
Gpm.
C.4 Semua refueller dan dispenser dilengkapi filter monitor kecuali dispenser
NGR-01 s.d NGR-04 (menggunakan filter separator).
C.4.1 Filter monitor, merupakan alat untuk meyaring partikel padat dan pada
saat terdapat air akan menutup aliran.
C.4.2 Filter separator, terdiri dari 2 elemen :
C.4.2.1 Coalaser, berfungsi menyaring partikel dan memperbesar butiran air.
C.4.2.2 Separator, berfungsi untuk memisahkan air dengan minyak.
D. Fasilitas Pendukung :
12
D.1 Pemadam kebakaran :
D.1.1 Tangki air : 1 tangki kapasitas 1850 kL (T.701).
D.1.2 Pompa : 1 pompa listrik kapasitas 4500 Gpm, 1 pompa diesel
kapasitas 4500 Gpm.
D.1.3 Hydrant system : water hydrant, foam hydrant.
D.2 Own use : tangki solar 18.000 kL (T.501).
D.3 Kelistrikan darurat:
D.3.1 1 Genset kapasitas 450 kVA (G.601).
D.3.2 1 Genset kapasitas 1000 kVA (G.602).
D.4 Penunjang pnematik :
D.4.1 2 Unit kompresor Atlas copco tipe GA 15 (K.351 A/B).
D.4.2 Air dryer Atlas Copco CD 16.
2.6 Struktur Organisasi DPPU Ngurah Rai.
Struktur organisasi adalah sebuah susunan mekanisme suatu perusahaan
untuk menjalankan visi, misi, dan tujuan perusahaan seperti yang diharapkan.
Untuk mencapai semua itu, maka sangat dibutuhkan suatu sistem organisasi yang
baik sehingga akan tercapai suatu sistem manajemen yang baik. Dalam struktur
organisasi akan dilihat jelas tugas – tugas atau wewenang serta tanggungjawab
masing – masing bagian.
Struktur organisasi yang diterapkan di DPPU Ngurah Rai adalah struktur
organisasi garis. Dimana hubungan kesuksesan terjadi secara menurun dari
13
pimpinan atasan ke bawah sehingga struktur organisasi ini sifatnya sangat
sederhana dan mendukung disiplin kerja yang lebih terjamin, karena adanya
kesatuan control dari pimpinan dan pengawas bagian. Untuk lebih jelasnya
mengenai struktur organisasi yang di pergunakan DPPU Ngurah Rai dapat dilihat
pada bagian berikut :
14
15
2.7 Tugas dan Tanggung jawab.
1. Tugas dan Tanggung jawab Kepala DPPU Ngurah Rai yaitu
a. Mengendalikan jalannya atau seluruh operasional perusahaan secara
umum.
b. Membuat kebijakan – kebijakan yang telah disepakati bersama dengan
pengawas bagian, yang akan diterapkan oleh seluruh bagian operasional
perusahaan.
c. Melakukan kordinasi dengan seluruh pengawas bagian terhadap kinerja
para pekerja yang ada.
d. Memeriksa dan menindak lanjuti semua laporan perusahaan.
e. Melaksanakan dinas internal dan dinas luar berdasarkan petunjuk
perintah pelaksanaan dinas.
f. Melakukan evaluasi kinerja seluruh bagian dengan tujuan pembaharuan
system kerja perusahaan untuk lebih baik lagi.
2. Tugas Pengawas Utama PPP yaitu
a. Menindak lanjuti kebijakan – kebijakan yang telah di buat oleh Kepala
DPPU.
b. Melakukan koordinasi dengan para pekerja/operasional di bagian PPP.
c. Melakukan evaluasi kinerja pekerja atau operasional bagian PPP.
d. Membuat laporan kinerja bagian PPP kepada Kepala DPPU dan arsip
perusahaan.
3. Tugas Pengawas Utama Pemeliharaan yaitu
16
a. Menindak lanjuti kebijakan – kebijakan yang telah di buat oleh Kepala
DPPU.
b. Membuat perencanaan pemeliharan terhadap Sarana dan Fasilitas
perusahaan.
c. Membuat Tata Kerja Operasional di bagian pemeliharaan yang akan
dilaksanakan oleh pekerja pemeliharaan.
d. Membuat perencanaan pembelanjaan suku cadang untuk pemeliharaan
dan pergantian.
e. Membuat jadwal pemeliharan dan pergantian rutin terjadwal.
f. Melakukan koordinasi dengan pekerja pemeliharaan.
g. Melakukan evaluasi kinerja dengan para pekerja pemeliharaan.
h. Membuat laporan kinerja dan data pemeliharaan kepada Kepala DPPU
dan arsip perusahaan.
4. Tugas Pengawas Administrasi Umum dan Penjualan yaitu
a. Menindak lanjuti kebijakan – kebijakan yang telah dibuat oleh kepala
DPPU.
b. Melakukan koordinasi dengan pekerja administrasi umum dan
penjualan.
c. Membuat arsip data perjalanan dinas, data Sarana dan Fasilitas
Perusahaan, data surat masuk dan keluar, dokumentasi kegiatan
perusahaan,data penjualan, dan data penting lainnya yang diperlukan.
d. Melakukan evaluasi kinerja bagian administrasi umum dan penjualan.
17
e. Membuat laporan kinerja bagian administrasi dan penjualan kepada
Kepala DPPU dan untuk arsip perusahaan.
18
BAB III
LANDASAN TEORI.
3.1 Pengertian Kendaraan Hydrant Dispenser.
Ada banyak alat atau instrumen yang dapat digunakan untuk melakukan
penyaluran atau pendistribusian bahan bakar avtur ke pesawat, diantaranya ;
refueller, hydrant dispenser, dan lain-lain.
Hydrant Dispenser adalah suatu kendaraan khusus yang dilengkapi dengan
fasilias pengisisan (fuelling equipment) berupa ; meter arus/meter register dan
filter monitor.Dimana fungsi hydrant dispenser untuk menyalurkan avtur dari
tangki melalui Header line ke pesawat (air craft).
Sistem kerja dari hydrant dispenser ialah bahan bakar avtur dari tangki
penyimpanan disalurkan melalui pipa ke hydrant pit, kemudian hydrant dispenser
melakukan pengisian bahan bakar avtur ke pesawat dengan menghubungkan
selang hisap (intake hose) dengan coupler ke hidran pada hydrant pit dan
menghubungkan outlet hose ke pesawat dengan coupler, setelah itu katup pada
intake coupler bahan bakar akan terbuka ketika deadman ditekan dan proses
pengisian bahan bakar berlangsung dengan tekanan, laju aliran dan jumlah
tertentu yang dapat diamati melalui alat ukur. Setelah pengisian selesai dilakukan
maka deadman dilepas dan dengan sendirinya katup bahan bakar akan tertutup.
19
Gambar 3.1 : Kendaraan hydrant dispenser.
Sumber : 2000 LPM JET A-1 Hydrant Dispenser.pdf
3.2 Komponen-komponen dari Hydrant Dispenser.
Adapun komponen-komponen yang terdapat pada hydrant dispenser, yaitu :
3.2.1 Perangkat Pengisisan :
1. Input coupler.
2. Fuel monitor.
3. Surge suppressor .
4. Electronic meter register .
5. Hose reel.
6. Intake hose.
7. Fueling deck.
20
8. Electrical dead man.
9. Closed circuit sampler .
10. Control panel.
3.2.2 Perangkat penunjang mekanis :
1. Hidrolik atau mekanik mengangkat mekanisme selang asupan.(Hydraulic
or Mechanical lifting mechanism for the intake hose).
2. Hidrolik atau otor listrik DC untuk memutar hose reel.(Hydraulic or DC
electric motor for hose reel winding).
3. Hidrolik mengangkat dek platform (Hydraulic lifting deck plat form).
3.2.3 Perangkat pengaman :
1. Interlock for hydrant coupler.
2. Interlock untuk memutus gerak platform.(Interlock for scissor platform).
3. Kabel bounding statis.(static bounding cable).
4. Alat pemadam kebakaran.(Fire extinguishers).
5. Electrical deadman.
3.3 Fungsi Komponen-komponen pada Hydrant Dispenser.
Adapun fungsi dari setiap komponen yang ada pada kendaraan hydrant
dispenser, yaitu :
3.3.1 Perangkat Pengisisan :
1. Input coupler berfungsi untuk menghubungkan selang hisap (intake hose)
pada hidran yang berada di hydrant pit.
21
Gambar 3.2: Input coupler.
Sumber : Hydrant dispenser NGR-10
2. Fuel monitor/fuel filter monitor berfungsi untuk menyaring kotoran dan air
pada bahan bakar avtur agar tidak terbawa masuk ke tangki pesawat saat
dilakukan pengisian.
Gambar 3.3 Fuel filter monitor.
Sumber : 2000 LPM JET A-1 Hydrant Dispenser.pdf
22
Gambar 3.4 : Komponen fuel filter monitor.
Sumber : 2000 LPM JET A-1 Hydrant Dispenser.pdf
3. Surge suppressor berfungsi untuk meredam tekanan balik (back pressure)
pada saat pengisian bahan bakar avtur ke pesawat udara.
Gambar 3.5 : Surge suppressor aviation.
Sumber : Hydrant dispenser NGR - 06
23
4. Electronic meter register berfungsi untuk mengukur besarnya laju aliran
dan jumlah debit bahan bakar yang mengalir.
Gambar 3.6 : Electronic meter register.
Sumber : Hydrant dispenser NGR -03.
Keterangan :
1. Tombol Batch, berfungsi untuk mengatur/setting jumlah cairan yang akan
disalurkan/cairan yang diminta dari Airliner.
2. Tombol Start, berfungsi untuk mulai menghitung jumlah cairan yang
disalurkan.
3. Tombol Total, berfungsi untuk menunjukan jumlah total awal dan jumlah
total akhir cairan yang disalurkan.
4. Tombol Reset, berfungsi untuk atur ulang meter sebelum penyaluran dan
untuk menunjukkan kecepatan aliran saat penyaluran.
24
D1. Display 1, berfungsi untuk menunjukkan jumlah cairan yang disalurkan,
dan besarnya kecepatan aliran saat penyaluran.
D2. Display 2, berfungsi untuk menunjukkan nama perusahaan/nama
kendaraan, (contoh : NGR-06).
5. Hose reel berfungsi untuk menggulung selang keluaran (outlet hose)
bahan bakar avtur.
Gambar 3.7 : Hose reel.
Sumber : Hydrant dispenser NGR-10
6. Intake hose merupakan selang hisap yang dihubungkan pada hidran untuk
menyalurkan bahan bakar avtur.
25
Gambar 3.8 : Intake hose.
Sumber : Hydrant dispenser NGR-06.
7. Fueling deck platform berfungsi sebagai dek pengangkat untuk membantu
dalam menghubungkan selang keluaran (outlet hose) ke coupler pada
pesawat udara.
Gambar 3.9 : Fuelling deck platform.
Sumber : Hydrant dispenser NGR-10
26
8. Electrical dead man berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus
listrik yang menjalankan kompresor yg menekan (membuka dan menutup)
katup pada intake coupler bahan bakar avtur.
Gambar 3.10 : Electric deadman.
Sumber : 2000 LPM JET A-1 Hydrant Dispenser.pdf
9. Closed circuit sampler berfungsi untuk pengambilan contoh bahan bakar
avtur yang akan diisi ke pesawat udara.
Gambar 3.11 : Closed circuit sampler.
Sumber : Hydrant dispenser NGR-06
27
10. Control panel berfungsi mengatur sistem pengisian bahan bakar avtur.
Gambar 3.12 : Control panel.
Sumber : Hydrant dispenser NGR-03
Keterangan :
1. Fuel pressure gauge (alat pengukur tekanan bahan bakar avtur).
2. Inlet pressure gauge (alat pengukur tekanan yang masuk).
3. Primary air gauge (alat pengukur tekanan udara utama).
4. Deck hose pressure gauge (alat pengukur tekenan dek selang).
5. Thermal expansion pressure gauge (alat pengkur tekanan ekspansi termal)
6. Secondary air gauge (alat pengukur tekanan udara sekunder).
28
7. Hose reel pressure gauge (alat pengukur tekanan fluida pada penggulung
selang/hose reel).
8. Air supply pressure gauge (alat pengukur tekanan suplai udara).
9. Stop fuelling botton (tombol pemberhenti pengisian bahan bakar).
10. Pressure different gauge/PDG (alat pengukur beda tekanan).
3.3.2 Perangkat penunjang mekanis :
1. Hidrolik atau mekanik mengangkat mekanisme selang asupan.(Hydraulic
or Mechanical lifting mechanism for the intake hose), yaitu perangkat
hidrolik/mekanis untuk mengangkat selang hisap/asupan agar tidak
menyentuh permukaan tanah saat kendaraan hydrant dispenser dijalankan.
Gambar 3.13 : Perangkat hidrolik/mekanis pengangkat selang hisap (intake
hose).
Sumber : Hydrant dispenser NGR-06
29
2. Hidrolik atau motor listrik DC untuk memutar hose reel.(Hydraulic or DC
electric motor for hose reel winding), berfungsi sebagai penggerak atau
pemutar hose reel.
Gambar 3.14 : Hidrolik atau Motor pemutar Hose reel.
Sumber : 2000 LPM JET A-1 Hydrant Dispenser.pdf
3. Hidrolik mengangkat dek platform (Hydraulic lifting deck plat form),
berfungsi untuk mempermudah mengankat dek untuk penyambungan
selang keluaran (outlet hose) ke pesawat udara.
30
Gambar 3.15 : Hydarulic lifting deck (plat form).
Sumber : Hydrant dispenser NGR-06.
3.3.3 Perangkat pengaman :
1. Interlock for hydrant coupler berfungsi untuk memutus dan
menghubungkan arus yang menghidupkan kendaraan.alat ini bekerja saat
menjalakan aliran bahan bakar avtur dari hidran agar kendaraan tidak
dapat berjalan.
31
Gambar 3.16 : Interlock for hydrant coupler.
Sumber :
www.automationdirect.com.au/Welcome/lswiches/Interlock_Safety_Switches.
2. Interlock for scissor platform terdapat pada platform dek berfungsi untuk
pengaman yang memutus dan menghubungkan arus listrik ke pompa
hidrolik.
Gambar 3.17 : Interlock for scissor platform.
Sumber : www.eecontrols-safety.com/index.htm
32
3. Bounding cable, berfungsi untuk menyamakan atau menetralkan listrik
statis.
Gambar 3.18 : Provision of static grounding cable.
Sumber : Hydrant dispenser NGR-06.
4. Alat pemadam kebakaran.(Fire extinguishers) berfungsi untuk
memadamkan api ringan, dengan kapasitas kecil.
Gambar 3.19 Fire extinguishers.
Sumber : Hydrant dispenser NGR-06.
33
5. Electrical deadman berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus
listrik yang menjalankan pompa bahan bakar avtur.
Gambar 3.20 : Electrical Dead man.
Sumber : 2000 LPM JET A-1 Hydrant Dispenser.pdf
34
BAB IV.
PEMBAHASAN
4.1 Perawatan Kendaraan Hydrant Dispenser.
Kendaraan hydrant dispenser dapat beroperasi dengan baik tanpa
mengalami gangguan – gangguan didalam pengoperasiannya jika kondisi serta
fungsi bagian – bagiannya terawatt dan terjaga dengan baik. Maka dari itu kita
harus mampu melakukan perawatan terhadap bagian – bagian dari kendaraan
dispenser tersebut secara efektif. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan secara
teratur dan servis kecil atau penyetelan komponen jika diperlukan.
Adapun servis hydrant dispenser berdasarkan jam kerja mesin (engine
hours), diantaranya :
1. Servis A.
Servis A pada hydrant dispenser dilakukan setiap 400jam, yang meliputi :
A. Ganti pelumas mesin.
B. Grease semua nipel grease (member gemuk pada nipel gemuk).
C. Periksa, perbaiki , dan bersihkan :
a. Saringan bahan bakar.
b. Muffler & Flame trap.
c. Air Radiator.
d. Accu/ Battery.
e. Minyak rem/ kopling.
35
f. Pelumas gardan, transmisi dan power steering.
g. Tali kipas (V belt).
h. Tekanan angin pada ban.
i. Underwing Coupling.
j. Compressor & Air System.
k. Hose Reel dan Bounding Cable.
l. Interlock System.
m. Platform Up-Down.
n. PTO dan Hydraulic system.
2. Servis B.
Servis B pada hydrant dispenser dilakukan setiap 1600jam, yang meliputi :
A. Ganti pelumas mesin.
B. Ganti pelumas transmisi.
C. Ganti pelumas gardan.
D. Ganti saringan pelumas.
E. Ganti saringan Bahan Bakar.
F. Ganti saringan udara.
G. Grease semua nipel grease (member gemuk pada nipel gemuk).
H. Periksa, perbaiki, dan bersihkan :
a. Motor Starter.
b. Altenator.
c. Tangki bahan bakar.
d. Peralatan kelistrikan (electrical system).
36
e. Muffler dan flame trap.
f. Air radiator.
g. Accu/ Battery.
h. Minyak rem/ kopling.
i. Tali kipas (V belt).
j. Tekanan angin pada ban.
k. Underwing Coupling.
l. Compressor & Air System.
m. Hose Reel dan Bounding Cable.
n. Interlock System.
o. Platform Up-Down.
p. PTO dan Hydraulic system.
4.1.1 Perawatan Mingguan.
Selain perawatan berdasarkan jam kerja mesin ada pula perawatan
berkala setiap minggunya, diantaranya :
A. Periksa bounding cables.
B. Periksa fungsi interlock.
C. Periksa tekanan ban.
D. Tes pasilitas pada hydrant dispenser.
4.1.2 Perawatan Bulanan.
Ada beberapa perawatan rutin yang dilakukan setiap bulan, diantaranya :
A. Periksa selang – selang dan strainer.
37
B. Periksa kinerja deadman.
C. Periksa kondisi alat pemadam api ringan.
D. Availability facilities.
4.1.3 Perwatan 6 Bulanan.
Adapun perawatan rutin yang dilakukan setiap 6 bulan pada hydrant
dispenser, yaitu :
A. Periksa keakuratan pengukur tekanan.
B. Periksa piston pressure differential gauge.
C. Periksa selang dan tes tekanan.
D. Periksa kabel statis.
4.1.4 Perawatan Tahunan.
Ada beberapa perawatan yang dilakukan stiap tahun, diantaranya :
A. Ganti saringan – saringan.
B. Inspeksi saringan internal dan periksa kelengkapan tambahan.
C. Kalibrasi meter ukur.
D. Periksa Emergency Shut Down (ESD).
4.2 Perawatan dan Perbaikan Hydrant Dispenser.
Adapun beberapa Perawatan dan Perbaikan pada hydrant dispenser
sebagai perawatan rutin maupun langkah tindakan dari permasalahan yang sering
terjadi.
4.2.1 Perawatan dan Perbaikan Kelistrikan.
Perawatan dan perbaikan kelistrikan pada hydrant dispenser meliputi :
38
A. Perawatan baterai/accu :
Alat yang digunakan :
1. Obeng min/tang.
2. Kunci ring/pas 12mm.
3. Avo meter.
4. Hydrometer.
5. Charger baterai/accu.
Bahan :
1. Baterai/accu.
2. Air penambah.
3. Gemuk.
Langkah kerja :
1. Lepas kabel – kabel yang terpasang pada baterai dengan kunci ring.pas
12mm.
2. Buka tutup baterai dengan obeng min/tang.
3. Periksa berat jenis cairan dengan hidrometer.
4. Periksa besarnya arus dengan avo meter dengan pengaturan pada 50 DC
Volt. Jika jarum menunjukkan angka 50 berarti baterai dalam keadaan
baik.
5. Jika baterai mengalami kurang arus makan lakukan pengisian arus dengan
battery charger dan tambahkan air penambah baterai.
39
6. Lumasi terminal baterai dengan gemuk lalu pasang kembali baterai yang
sudah siap pakai dengan menyambung kabel – kabel menggunakan kunci
ring/pas 12mm.
7. Ganti baterai degan yang baru jika baterai tidak dapat diisi atau tidak bias
lagi menyimpan arus listrik.
Gambar 4.1 : Bagian Baterai/accu.
Sumber : TEKNIK PEMELIHARAAN MOBIL hal. 132.
40
Gambar 4.2 : Memperbaiki Sambungan baterai.
Sumber : TEKNIK PEMELIHARAAN MOBIL hal. 133.
41
Gambar 4.3: Mengukur arus baterai dengan AVO meter.
Sumber : Lapangan praktek (NGR-05).
Gambar 4.4 : Penunjukan besar arus pada baterai dengan AVO meter.
Sumber : NGR-05.
42
B. Perwatan alternator.
Alat yang digunakan :
1. Obeng plus (+).
2. Tang.
3. Sikat/kuas.
4. Avo meter.
5. Kunci ring/pas 10mm.
6. Kunci ring/pas 8mm.
Bahan :
1. Alternator.
2. Gemuk.
Langkah kerja :
1. Buka rumah alternator dengan kunci ring/pas 10mm, kunci ring/pas 8mm,
dan obeng plus (+).
2. Tarik atau lepaskan rotor menggunakan tang.
3. Bersihkan bagian dalam rumah, rotor, dioda, dan puli menggunakan
sikat/kuas.
4. Periksa kabel – kabel kumparan rotor dan stator menggunakan avo meter
pada posisi ohm untuk mengetahui apakah ada kabel yang terputus atau
tidak.
5. Periksa dioda dengan avo meter apakah masih baik atau rusak.
6. Kencangkan bagian yang kendur.
7. Lumasi bantalan rotor dengan gemuk.
43
8. Pasang kembali rotor dan rumah alternator dengan kunci ring/pas 10mm,
kunci ring/pas 8mm, dan tang.
9. Pasang kembali alternator pada dudukannya untuk dioperasikan kembali.
Gambar 4.5 : Diagram Sirkuit Alternator dan Nama Bagian Alternator.
Sumber : DASAR-DASAR TEKNIK MOBIL hal. 117.
44
Gambar 4.6 : Komponen Utama Alternator.
Sumber : Teknik Pemeliharaan Mobil.
C. Perawatan sekering dan lampu.
Alat yang digunakan :
1. Obeng plus (+).
2. Avo meter.
45
Bahan :
1. Sekering.
2. Lampu 1 filamen.
3. Lampu 2 filamen.
Langkah kerja :
- Sekering.
1. Buka kotak sekering dengan obeng plus (+).
2. Periksa sekering dengan avo meter apakah putus atau dalam kondisi baik.
3. Jika sekering putus maka diganti dengan yang baru.
4. Setelah dipastikan dalam keadaan baik maka tutup kembali sekering
dengan obeng plus (+).
- Lampu :
1. Buka mika tutup lampu dengan obeng plus (+).
2. Periksa lampu dengan melihatnya ke arah sinar, apakah putus atau dalam
kondisi baik.
3. Jika lampu putus maka ganti dengan yang baru dengan lampu 1 filamen
untuk lampu sein, lampu rem, dan lampu mundur, dan 2 filamen untuk
lampu depan.
4. Periksa kabel lampu dengan avo meter, apakah ada yang terputus atau
dalam keadaan baik.
5. Jika semua sudah dipastikan dalam keadaan baik, maka pasang kembali
mika tutup lampu dengan obeng plus (+).
46
Gambar 4.7 : Papan sekering.
Sumber : DASAR-DASAR TEKNIK MOBIL hal. 135.
47
Gambar 4.8 : Lampu Depan.
Sumber : DASAR-DASAR TEKNIK MOBIL hal. 123.
Gambar 4.9 : Sirkuit Lampu Rem.
Sumber : DASAR-DASAR TEKNIK MOBIL hal. 127.
48
Gambar 4.10 : Membuka mika tutup lampu.
Sumber : Lapangan praktek (NGR-05).
Gambar 4.11 : Memeriksa lampu.
Sumber : Lapangan praktek (NGR-05).
49
Gambar 4.12 : Menguji Kabel Lampu.
Sumber : Lapangan praktek (NGR-05).
4.2.2 Perawatan dan Perbaikan Mesin.
A. Penggantian pelumas/oli.
Alat yang digunakan :
1. Kunci ring/pas 17mm.
2. Ember penampung pelumas bekas.
3. Derigen penampung pelumas baru.
4. Corong tuang.
5. Kain majun.
6. Landasan tubuh.
Bahan :
50
1. Peluman Mediteran SX 40.
Langkah kerja :
1. Masuk ke kolong kendaraan dengan posisi terlentang di landasan tubuh.
2. Buka baut penyumbat bak pelumas dengan kunci ring/pas 17mm.
3. Tamping pelumas bekas yang keluar di ember penampung yang telah
disiapkan dibawah bak pelumas sebelumnya.
4. Keluarkan pelumas bekas hingga tidak ada lagi yang keluar dari bak
pelumas.
5. Tutup/pasang kembali baut penyumbat bak pelumas dengan kunci ring/pas
17mm.
6. Buka tutup lubang penuang pelumas pada blok mesin bagian atas.
7. Tuangkan pelumas baru dari derigen menggunakan corong penuang
melalui lubang tersebut.
8. Isikan pelumas sebanyak 20 liter.
9. Tutup kembali lubang penuang pada blok mesin bagian atas.
10. Lap bagian mesin yang terkena tetsan pelumas dengan kain majun.
11. Nyalakan mesin kendaraan untuk mensirkulasi pelumas di dalam mesin.
51
Gambar 4.11 : Membuka baut penyumbat bak pelumas.
Sumber : Lapangan praktek (NGR-08).
Gambar 4.12 : Menuangkan pelumas ke mesin.
Sumber : Lapangan praktek (NGR-08).
52
Gambar 4.3 : Memasang baut penyumbat bak pelumas.
Sumber : Lapangan praktek (NGR-08).
B. Pemeriksaan dan Pembersihan/Penggantian Saringan Pelumas.
Alat :
1. Kunci sabuk/belt wrench.
2. Kuas.
3. Kompresor.
4. Kain majun.
5. Ember.
Bahan :
1. Saringan pelumas.
2. Minyak pembilas.
3. Pelumas Meditran SX 40.
Langkah kerja :
1. Buka saringan pelumas dengan menggunakan kunci sabuk/belt wrench.
53
2. Tuangkan pelumas bekas pada saringan ke dalam ember.
3. Bilas saringan dengan minyak pembilas dan gosok dengan kuas, lalu
tuangkan minyak pembilas bekas ke dalam ember.
4. Semprotkan angin ke saringan dengan kompresor untuk membersihkan
sisa kotoran.
5. Tuangkan pelumas Meditran SX 40 yang baru ke dalam saringan dan
pasang kembali saringan dengan kunci sabuk/belt wrench.
6. Bersihkan bagian yang kotor dengan kain majun.
7. Jika saringan sudah rusak atau tidak layak pakai, maka ganti saringan
pelumas dengan yang baru.
54
Gambar 4.14 : Bagian – bagian Saringan Pelumas.
Sumber : TEKNIK PEMELIHARAAN MOBIL hal. 79.
55
Gambar 4.15 : Saringan Pelumas.
Sumber : MOTOR DIESEL pada MOBIL hal. 169.
Gambar 4.16 : Saringan pelumas kendaraan Hydrant dispenser.
Sumber : NGR – 08.
56
C. Pemeriksaan dan Pembersihan/Penggantian Saringan Bahan Bakar.
Alat :
1. Kunci sabuk/belt wrench.
2. Kuas.
3. Kompresor.
4. Kain majun.
5. Ember.
Bahan :
1. Saringan bahan bakar.
2. Minyak pembilas.
Langkah kerja :
1. Buka saringan bahan bakar dengan menggunakan kunci sabuk/belt
wrench.
2. Tuangkan minyak bahan bakar bekas pada saringan ke dalam ember.
3. Bilas saringan dengan minyak pembilas dan gosok dengan kuas, lalu
tuangkan minyak pembilas bekas ke dalam ember.
4. Semprotkan angin ke saringan dengan kompresor untuk membersihkan
sisa kotoran.
5. Tuangkan minyak bahan bakar yang baru ke dalam saringan dan pasang
kembali saringan dengan kunci sabuk/belt wrench.
6. Bersihkan bagian yang kotor dengan kain majun.
7. Jika saringan sudah rusak atau tidak layak pakai, maka ganti saringan
bahan bakar dengan yang baru.
57
Gambar 4.17 : Saringan Bahan Bakar 1.
Sumber : NGR – 06.
Gambar 4.18 : Saringan Bahan Bakar 2.
Sumber : NGR – 05.
58
Gambar 4.19 : Kunci sabuk/belt wrench.
Sumber:
www.google.com/search?hl=id&site=imghp&tbm=isch&source=hp&biw=1366&
bih=665&q=belt+wrench.
D. Pemeriksaan dan Pembersihan/Penggantian Saringan Udara.
Alat :
1. Kuas.
2. Kompresor.
3. Ember.
4. Kain majun.
Bahan :
1. Saringan udara.
2. Minyak pembilas.
Langkah kerja :
1. Buka pengunci rumah saringan udara.
2. Keluarkan saringan udara dari rumahnya.
59
3. Beri minyak pembilas dan bersihkan dengan kuas.
4. Tuang minyak pembilas bekas ke ember.
5. Semprotkan kisi-kisi saringan dengan kompresor untuk membersihkan sisa
kotoran dan minyak pembilas.
6. Diamkan beberapa waktu agar saringan benar-benar kering.
7. Pasang kembali saringan dengan memasukkannya ke dalam rumah
saringan.
8. Kunci kembali pengunci pada rumah saringan.
9. Bersihkan bagian yang kotor dengan kain majun.
Gambar 4.20 : Membuka Pengunci Rumah Saringan Udara.
Sumber : NGR – 09.
60
Gambar 4.21 : Saringan Udara. Gambar 4.22 : Rumah Saringan Udara.
Sumber : NGR – 09. Sumber : NGR – 09.
E. Perawatan Tambahan.
1. Periksa, tambahkan dan atau ganti pelumas/minyak rem.
2. Periksa, tambahkan dan atau ganti pelumas/minyak power steering.
3. Periksa, tambahkan dan atau ganti air radiator.
4. Periksa, tambahkan dan atau ganti pelumas gardan.
5. Periksa, tambahkan dan atau ganti pelumas transmisi.
6. Periksa, stel/atur dan atau ganti V-belt.
61
Gambar 4.23 : Minyak Rem.
Sumber : NGR – 09.
Gambar 4.24 : Minyak Power Steering.
Sumber : NGR – 09.
62
Gambar 4.25 : Radiator.
Sumber : NGR – 03.
Gambar 4.26 : Rumah/bak pelumas Gardan.
Sumber : NGR – 01.
63
Gambar 4.27 : Rumah/bak pelumas Transmisi.
Sumber NGR – 01.
Gambar 4.28 : V-belt.
Sumber : NGR – 05.
64
4.2.3 Perawatan dan Perbaikan Komponen Pengisian BBMP.
Adapun perawatan dan perbaikan komponen pengisian BBMP, yaitu
dengan melakukan TEST FACILITY dan memeriksa komponen – komponen yang
ada.
Langkah – langkah dari Test Facility ialah sebagai berikut :
1. Parkirkan kendaraan Hydrant dispenser di Test Facility Area.
2. Turunkan stabilizer dengan hidrolik pengatur stabilizer.
3. Pasang bounding cable pada tempat yang tersedia di pipa minyak.
4. Pasang tali lanjat pada sambungan di hydrant coupler.
5. Hubungkan input coupler dengan hydrant coupler.
6. Hubungkan outlet coupler dengan pipe coupler.
7. Tekan deadman untuk memulai mensirkulasikan cairan dan memeriksa
komponen dalam rangkaian Test Facility.
8. Periksa fungsi kinerja deadman apakah dalam keadaan normal dan baik
atau rusak.
9. Periksa fungsi kinerja meter register.
10. Periksa fungsi kinerja Fuel pressure gauge (alat pengukur tekanan bahan
bakar avtur).
11. Periksa fungsi kinerja Inlet pressure gauge (alat pengukur tekanan yang
masuk).
12. Periksa fungsi kinerja Primary air gauge (alat pengukur tekanan udara
utama).
65
13. Periksa fungsi kinerja Deck hose pressure gauge (alat pengukur tekenan
dek selang).
14. Periksa fungsi kinerja Thermal expansion pressure gauge (alat pengkur
tekanan ekspansi termal).
15. Periksa fungsi kinerja Secondary air gauge (alat pengukur tekanan udara
sekunder).
16. Periksa fungsi kinerja Hose reel pressure gauge (alat pengukur tekanan
fluida pada penggulung selang/hose reel).
17. Periksa fungsi kinerja Air supply pressure gauge (alat pengukur tekanan
suplai udara).
18. Periksa fungsi kinerja Stop fuelling botton (tombol pemberhenti pengisian
bahan bakar).
19. Periksa fungsi kinerja Pressure different gauge/PDG (alat pengukur beda
tekanan).
20. Periksa setiap komponen diatas, perbaiki atau ganti komponen jika
diperlukan.
21. Jika semua komponen sudah dipastikan dalam keadaan baik dan normal,
maka Test Facility selesai dilakukan.
22. Lepaskan outlet coupler pada pipe coupler.
23. Lepaskan input coupler pada hydrant coupler.
24. Lepaskan bounding cable pada tempat yang tersedia di pipa minyak.
25. Lepaskan tali lanjat dari sambungan pada hidran.
26. Naikan kembali stabilizer dengan hidrolik pengatur stabilizer.
66
27. Pindahkan parkir kendaraan dan kendaraan siap dioperasikan kembali.
Gambar 4.29 : Pemasangan Bounding Cable dan Input Coupler.
Sumber : Test Facility Are (NGR – 03).
Gambar 4.30 : Pemasangan Outlet Coupler.
Sumber : Test Facility Are (NGR – 03).
67
Gambar 4.31 : Pemeriksaan Fungsi Meter Register.
Sumber : Test Facility Area (NGR – 03).
Gambar 4.32 : Pemeriksaan Komponen pada Control Panel.
Sumber : Test Facility Area (NGR – 03).
68
Gambar 4.33 : Fuel Pressure Gauge dan Air Supply Pressure Gauge dalam
keadaan baik dan normal.
Sumber : NGR – 03.
Gambar 4.34 : Inlet Pressure Gauge dan Primary Air Pressure Gauge dalam
keadaan baik dan normal.
Sumber : NGR – 03.
69
Gambar 4.35 : Hose Reel Pressure Gauge dan Deck Hose Pressure Gauge dalam
keadaan baik dan normal.
Sumber : NGR – 03.
Gambar 4.36 : Thermal Expansion Pressure Gauge dan Secondary Air Pressure
Gauge dalam keadaan baik dan normal.
Sumber : NGR – 03.
70
Gambar 4.37 : Pemeriksaan Fungsi Pressure Different Gauge (PDG).
Sumber : NGR – 03.
Gambar 4.38 : Pressure Different Gauge dalam keadaan baik dan normal.
Sumber : NGR – 03.
71
BAB V.
PENUTUP.
5.1 Kesimpulan.
Dari uraian di atas, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Praktek Kerja Lapangan (PKL) sangatlah penting bagi mahasiswa guna
mempersiapkan diri untuk terjun langsung ke dunia kerja karena dengan
melalui Praktek Kerja Lapangan mahasiswa dapat mengetahui bagaimana
kompetisi dan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang
sesungguhnya.
2. Kendaraan hydrant dispenser ialah kendaraan yang dilengkapi dengan
instrument untuk melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak Pesawat
(BBMP) tanpa tangki yang disertakan pada kendaraan tersebut.
3. Perwatan dan perbaikan kendaraan hydrant dispenser terdiri dari perawatan
berdasarkan jam kerja mesin/engine hour dan perarawatan rutih berkala.
4. Perawatan berdasarkan jam kerja mesin/engine hour tediri dari :
1. Servis A.
Servis A pada hydrant dispenser dilakukan setiap 400jam, yang meliputi :
A. Ganti pelumas mesin.
B. Grease semua nipel grease (member gemuk pada nipel gemuk).
C. Periksa, perbaiki , dan bersihkan :
a. Saringan bahan bakar.
b. Muffler & Flame trap.
72
c. Air Radiator.
d. Accu/ Battery.
e. Minyak rem/ kopling.
f. Pelumas gardan, transmisi dan power steering.
g. Tali kipas (V belt).
h. Tekanan angin pada ban.
i. Underwing Coupling.
j. Compressor & Air System.
k. Hose Reel dan Bounding Cable.
l. Interlock System.
m. Platform Up-Down.
n. PTO dan Hydraulic system.
3. Servis B.
Servis B pada hydrant dispenser dilakukan setiap 1600jam, yang meliputi :
A. Ganti pelumas mesin.
B. Ganti pelumas transmisi.
C. Ganti pelumas gardan.
D. Ganti saringan pelumas.
E. Ganti saringan Bahan Bakar.
F. Ganti saringan udara.
G. Grease semua nipel grease (member gemuk pada nipel gemuk).
H. Periksa, perbaiki, dan bersihkan :
a. Motor Starter.
73
b. Altenator.
c. Tangki bahan bakar.
d. Peralatan kelistrikan (electrical system).
e. Muffler dan flame trap.
f. Air radiator.
g. Accu/ Battery.
h. Minyak rem/ kopling.
i. Tali kipas (V belt).
j. Tekanan angin pada ban.
k. Underwing Coupling.
l. Compressor & Air System.
m. Hose Reel dan Bounding Cable.
n. Interlock System.
o. Platform Up-Down.
p. PTO dan Hydraulic system.
5. Perawatan rutin berkala terdiri dari :
1. Perawatan Mingguan.
Selain perawatan berdasarkan jam kerja mesin ada pula perawatan
berkala setiap minggunya, diantaranya :
E. Periksa bounding cables.
F. Periksa fungsi interlock.
G. Periksa tekanan ban.
H. Tes pasilitas pada hydrant dispenser.
74
2. Perawatan Bulanan.
Ada beberapa perawatan rutin yang dilakukan setiap bulan, diantaranya :
E. Periksa selang – selang dan strainer.
F. Periksa kinerja deadman.
G. Periksa kondisi alat pemadam api ringan.
H. Availability facilities.
3. Perwatan 6 Bulanan.
Adapun perawatan rutin yang dilakukan setiap 6 bulan pada hydrant
dispenser, yaitu :
E. Periksa keakuratan pengukur tekanan.
F. Periksa piston pressure differential gauge.
G. Periksa selang dan tes tekanan.
H. Periksa kabel statis.
4. Perawatan Tahunan.
Ada beberapa perawatan yang dilakukan stiap tahun, diantaranya :
E. Ganti saringan – saringan.
F. Inspeksi saringan internal dan periksa kelengkapan tambahan.
G. Kalibrasi meter ukur.
H. Periksa Emergency Shut Down (ESD).
5.2 Saran.
Adapun saran yang dapat diberikan kepada mekanik dan perusahaan,
yaitu :
75
1. Melaksanakan perawatan kendaraan sesuai jadwal dan standar prosedur
yang berlaku.
2. Gunakan penstabil/regulator tegangan untuk rangkaian kelistrikan agar
komponen kelistrikan lebih awet dan usia pakai lebih lama.
3. Gunakan komponen aktuasi hidrolik dan pneumatic berupa aktuasi
tombol pegas agar lebih aman dan usia pakai lebih lama.
4. Sesering mungkin untuk memeriksa air radiator, pelumas power steering,
dan minyak rem.
5. Mengganti lampu-lampu dengan lampu LED dengan rentang 10-35volt
dan 1-10ampere.
6. Melakukan Tune-up mesin setiap 3 kali service B.
7. Memperhatikan stelan V-belt dan mengunakan V-belt spray untuk
mengurangi slip dan gesekan berlebih.
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto, Drs. 1997. Dasar-dasar Teknik Mobil. Jakarta : Bumi Aksara.
Daryanto, Drs. 2004. Motor Diesel pada Mobil. Jakarta : CV. YRAMA WIDYA.
Daryanto, Drs. 2002. Peralatan Bengkel Mobil. Jakarta : CV. YRAMA WIDYA.
Daryanto, Drs. 2004. Teknik Pemeliharaan Mobil. Jakarta : Bumi Aksara.
Data SarFas LK3 DPPU Ngurah Rai.
www.automationdirect.com.au/Welcome/lswiches/Interlock_Safety_Switches.
www.eecontrols-safety.com/index.htm.
www.google.com/search?hl=id&site=imghp&tbm=isch&source=hp&biw=1366
&bih=665&q=belt+wrench.
www.wfbaskoro2011.blogspot.com.
2000 LPM JET A-1 Hydrant Dispenser.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar